Reklame Enamel "VARTA Batterien"

Reklame Enamel tahun 1960an dengan termometer, ukur 51cm x 13 cm x 1cm.
Pojok kiri bawah ada sedikit tambalan, selain itu semua orisinil!

Kondisi enamel masih bagus dan cling dengan sedikit cuil di bagian kiri (lihat foto), termometer masih jalan normal.

Bagian belakang

'VARTA' adalah merk battrei terkenal dari Jeman.

Berikut ini cerita singkat salah satu perusahaan yang mewakili sejarah industri di Jerman: Tahun 1887 “Accumulatoren Fabrik Tudorschen Systems Buesche & Mueller”, bediri di kota Hagen, Jerman. Perusahaan itu memproduksi aki (bahasa Jerman “Akkumulator”) dari bahan timah untuk kebutuhan industri. Tahun 1890 perusahhan itu bergabung dengan 'SIEMENS' dan AEG menjadi perusahaan bernama 'AFA' (Akkumulatoren Fabrik AG). Tahun 1904 'AFA' membuat aki kapal selam pertama. Di samping itu produk 'AFA' adalah aki besar berbahan baja dan batrei timah untuk lampu, telegraf dan lampu sinyal. Pada tahun itu anak perusahaan dari 'AFA' berdiri dengan nama 'VARTA'. Tahun 1912 'AFA' mempunyai 4000 karyawan di beberapa pabrik dan menghasilkan omset per tahun 31,4 juta mark! Waktu PD I kebanyakan produk dari 'AFA' menyuplai kebutuhan militer Jerman.

Jaman PD II 'AFA' jadi supplier terutama untuk aki kapal selam dan torpedo, itu sebabanya pabrik-pabrik mereka diserang sekutu, bahkan pabrik utama di Hagen dibomb sampai habis! Setelah PD II negara jerman dipecah jadi Jerman Barat dan Jerman Timur, dan peristiwa itu membuat 'AFA' juga terpecah. Pabrik yang ada di bagian Jerman Timur masuk aset negara, karena Jerman Timur ikut sistem politik sosialis.

Dari tahun 1946 pabrik-pabrik yang ada di Jerman Timur memproduksi aki untuk mesin angkat barang dan kereta dengan nama baru 'VEB Berliner Akkumulatorenfabrik' dan 'Batropa' (sebelum 'Petrix') memproduksi senter dan battrei (dry cell) untuk radio, senter dll. Sedangkan di Jerman Barat perusahaan 'AFA-BMF' memproduksi dry cell di pabrik baru yang terletak di kota Ellwangen dengan nama merk 'VARTA' mulai tahun 1946 dan merk itu kemudian menjadi image untuk barang yang berkualitas tinggi. Tahun 1956 'AFA' memproduksi lagi aki untuk kapal selam militer Jerman Barat,dengan itu 'AFA' menghasilkan untung yang luar biasa besar. Tahun 1962 nama perusahan 'AFA' dihapus, menjadi 'VARTA AG'. Tahun 1977 'VARTA AG' terpecah, menjadi tiga perusahaan baru, yaitu 'VARTA AG' produknya berupa aneka macam battrei seperti dry cell, aki industri dan otomotive serta aneka produk plastik. 'CEAG' yang memproduksi barang elektronik dan 'ALTANA' yang bergerak di bidang medical. Tahun 1993 adalah tahun dimana 'VARTA' mulai redup. Tahun1995 bagian produksi batrei dry cell dijual, kemudian tahun 1999 seluruh produksi tutup.

SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar