Kaca Lampu Badai "British Manufactured"

Kaca atau dalam bahasa Inggris 'globe', seperti ini dipakai untuk lampu badai.
Di bagian pinggir atas dua kaca ini ada tulisan timbul “British Manufactured”, berarti buatan Inggris. Pada awalnya kami pikir kaca ini dibikin untuk lampu badai merk “Chalwyn” atau “Tornado” yang asli produk Inggris, ternyata kaca ini diggunakan untuk lampu badai merk “Bat”, buatan Jerman!

Sebelum PD II merk “Bat” adalah produk dari pabrik Fr. Stuebgen & Co., Erfrut, salah satu produsen lampu badai yang pernah ada di Jerman bagian timur.

Setelah PD II nama merk “Bat” dipakai untuk lampu badai buatan pabrik VEB Sturmlaternenwerk, Beiersfeld, Jerman Timur. Perusahaan ini mengambil alih secara paksa perusahaan Nier (yang mempunyai merk “Feuerhand”) yang kemudian menjadi perusahaan milik negara Jerman Timur. Tahun 1952 ada perjanjian antara Nier dan VEB Sturmlaternenwerk yang isinya agar VEB tidak menggunakkan nama merk “Feuerhand” untuk produk mereka. VEB mengeluarkan lampu badai dengan nama merk “Bat”, Made in GDR atau Patente GDR (arti GDR adalah German Democratic Republic atau Negara Jerman Timur).

Lampu badai merk “Bat” diekspor ke Inggris dan Perancis, itu sebabnya kaca 'globe' ini bertanda “British Manufactured”. Tidak jelas kaca ini memang buatan Inggris, atau seperti lampu badai yang diproduksi di Jerman Timur.

Ukur: tinggi 17 cm, diameter dibawa 8,8 cm, diameter diatas 7 cm

Kaca ini cocok untuk lampu badai merk “Bat” model No. 2850.

Karena ukurnya sama dengan kaca 'globe' “Feuerhand” No.451, juga bisa dipakai untuk lampu badai “Feuerhand” model No.201, model No.305 dan model No. 323. Kaca ini pasti juga cocok untuk beberapa lampu badai lain, seperti merk “Chalwyn” (Inggris) atau “Frowo” (Jerman Timur).

Kondisi barang utuh tanpa retak dan bersih!

SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar