Gilingan Kopi "GESKA Fortschritt"

Gilingan Kopi manual buatan Jerman dengan bodi berbahan bakelit (plastik jaman dulu). Bagian penggiling dan putaran dari bahan stainless, pegangan dari kayu dicat merah tua.
Model ini bernama “Fortschritt” (artinya dalam bahasa Jerman adalah kemajuan) dibikin antara tahun 1937 sampai awal tahun 1950an.

Jika dilihat dari segi desain bisa dibilang gilingan kopi ini adalah contoh untuk gaya Art Deco, sederhana tetapi indah! Diantara beberapa produk dari pabrik “Geska”, gilingan kopi ini menjadi yang sangat populer.

Gilingan kopi ini terdiri atas dua bagian, yaitu bodi dan bagian kedua yang terdiri atas penggiling, tutup dan putaran.

Untuk mengisi bagian atas diputar ke posisi buka. Setelah selesai proses menggiling, bagian atas dibuka lagi, lalu ditarik keluar.

Hasil akhir bubuk kopi ada di bagian bodi.

Kehalusan bubuk kopi dapat disetel pada sekrup pada penggilingannya.

Walaupun umur barang diatas 50 tahun kondisi masih sempurna, layak pakai, layak dikoleksi!

Ukur: Tinggi 18 cm, panjang putaran 11 cm, dimensi bodi: 10,5 x 9,5 x 4,5 cm

Pabrik “Geska” didirikan oleh Herman dan Ewald Spiekenheuer bersaudara di kota Radevormwald, bagian timur Jerman, tahun 1919. Awalnya mereka merakit gilingan kopi dari penggiling yang masih sisa dari pabrik lain dan bodi berbahan kayu yang mereka bikin sendiri. Karena kualitas penggiling yang mereka dapat rendah sekali, mereka mulai memproduksi penggiling sendiri. Inovasi penggiling dari Spiekenheuer bersaudara menjadi fondasi sukses merk “Geska”, karena kuat dan awet sekali. Sampai tahun 1937 barang diproduksi di garasi rumah, kemudian setelah sukses berdirilah pabrik. Waktu itu merk “Geska” memperkenalkan bahan bakelit untuk bagian bodi.

Bukan gilingan kopi saja yang diproduksi oleh “Geska”, namun juga ada gilingan merica dan tempat mustard (lihat foto dengan reklame tahun 1930an). Awal tahun 1950an produksi gilingan kopi manual mulai terancam saat muncul gilingan kopi yang menggunakan listrik. Kebanyakan pabrik yang bikin gilingan kopi manual menjadi bankrut, tetapi pabrik “Geska” masih bisa berdiri karena kualitas penggiling yang sangat bagus. Pertengahan tahun 1950 “Geska” berhenti memproduksi gilingan yang dipakai di rumah tangga, mereka bikin penggiling untuk kebutuhan industri. Hampir 50 tahun lamanya pabrik “Geska” bisa bertahan. Akhirnya perusahaan yang mempunyai sejarah panjang ini ditutup tahun 2003.

SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar