Dokumen Antik Raden Bekel Renggowidodo

Satu paket dokumen lama dari seseorang yang bernama Renggowidodo. Terdiri atas Legitimatiebewijs, Kartu Veteran, Surat Keterangan dari Kraton-Apotik Surakarta dan Foto tahun 1923. Dokumen ini menunjukkan riwayat hidup Raden Bekel Renggowidodo dari awal karier sebagai pegawai apotek sampai akhirnya pernah menjadi veteran. Bekel sendiri adalah pamong desa pada jaman dulu atau pengurus sawah milik bangsawan pada masa raja-raja masih memerintah pulau Jawa.
Legitimatiebewijs disini bentuknya seperti tanda pengenal (KTP) berbahasa Belanda, yang dikeluarkan oleh pemerintahan Belanda di Soerakarta waktu itu.

Ukur: 10,5 x 7,5cm

Tercantum tahun 1942, pas foto pemilik yang distempel, serta tanda tangan pemilik dan petugas yang mengeluarkan kartu tersebut.

Secarik kertas Verklaring yang terdapat stempel Kraton-Apotik di Soekarta. Kertas ini kira-kira menjelaskan bahwa Renggowidodo pernah bekerja selama 17 tahun di Kraton-Apotik sampai tahun 1934, dan ditandatangi oleh pemiliknya yaitu C. L. J. Kooiman.

Ukur: 21 x 14,5cm

Sebuah foto dari para pegawai Kraton-Apotik dengan catatan bertanggal 24 Desember 1923 yang ditujukan untuk Renggowidodo.

Ukur: 10,5 x 6,2cm

Kartu Veteran dikeluarkan Mentri Urusan Veteran tanggal 26 Desember 1961.

Ukur: 13 x 10cm

Tetapi dari kartu ini tidak diketahui kapan Renggowidodo, yang lahir tahun 1905 pernah ikut berperang.

Kondisi dokumen-dokumen ini sesuai umur barang, sebagian sudah kabur tetapi kebanyakan masih bisa dibaca.

Harga satu paket Rp 170 ribu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar