Alat Matematika Mistar Hitung Antik

Mistar Hitung model “No.21 Darmstadt”, Albert Nestler AG, Germany DRP (Deutsches Reichspatent).
Alat matematika berupa mistar hitung (dalam bahasa Inggris “slide rule”) sudah hampir hilang dari ingatan kita.

Sebelum revolusi digital mulai, sebelum adanya kalkulator dan komputer untuk mengerjakan kalkulasi matematika yang rumit alat ini penting untuk penggunanya dari mulai para siswa di sekolah sampai seorang ilmuwan.

Alat ini memang dipakai untuk sehari-hari kala itu, dan tanpa mistar hitung teknologi modern tidak dapat berkembang pada abad ke-20 secepat yang kita lihat sekarang.

Kalau kita berpikir tentang teknologi buatan Jerman pasti tidak berpikir sampai alat mistar hitung, ternyata Albert Nestler AG adalah salah satu pionir dalam produksi “slide rule”. Perusahaan tersebut dibangun tahun 1878 di kota Lahr, Jerman Selatan. Dengan perkembangan teknologi awal abad ke-20 kebutuhan “slide rule” menigkat cepat, sebelum PD II Nestler pernah eksport barang ke 60 negara di seluruh dunia! 1978, pas seratus tahun setelah dibangun, perusahaan A.Nestler habis (tutup produksi), karena dunia digital tidak membutuhkan alat matematika mistar hitung lagi!

Tecnical data (sliderulemuseum.com): Albert Nestler AG Germany; Model No. 21 “Darmstadt” circa 1937; 27 cm panjang / kayu mahagony; front scale: Lg//K,A[B,CI,C] D,Sin,Cos,Tan,Ctg; back scale: [LL1,LL2,LL3]; Multilined cursor, offset center hairline, KW,G,PSd; back: equivalents (bahasa Jerman)

Kondisi: lengkap dan utuh, semua huruf/angka masih bisa membaca, masih layak pakai kemasan/box terpakai, tetapi juga masih utuh, karena umur tulisan ada bagian yang burem, seperti dilihat di foto.

SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar