Leaflet "Bandoengsche Kininefabriek"

Poster kecil atau leaflet ini adalah reklame untuk pabrik obat yang didirikan tahun 1899 oleh penjajah Belanda, bernama 'Bandoengsche Kininefabriek', dalam bahasa Indonesia 'Pabrik Kina Bandung' (PKF) dan sekarang diberi nama 'Bhineka Kina Farma'. Kina atau kuinin diproses dari pohon kina (cinchona calisaya) berasal dari pegunungan Andes, Amerika Selatan. Tanaman kina tumbuh baik di lereng gunung di ketinggian 1050 sampai 1500 dpl dengan iklim yang lembab. Dari dareah asalnya pegunungan Andes tanaman ini menyebar ke Indonesia dan India. Di pulau Jawa tanaman kina dibudidayakan oleh penjajah Belanda dan di era penjajahan Hindia Belanda tanaman ini menjadi obat penyakit malaria satu-satunya. Daerah Priyangan menjadi pusat perkebunan kina di pulau Jawa.
Menurut reklame ini kina juga untuk mengobati demam, 'griep' (bahasa belanda artinya batuk-pilek) dan influenza. 'Tablet Kina' adalah 'obat jang mandjoer', kemungkinan waktu itu, awal abad ke-20 tidak ada banyak pilihan obat yang lain sehingga kina dipakai untuk mengobati penyakit macam-macam!

Sisi belakang tampilkan logo 'Bandoengsche Kininefabriek' dengan tulisan aksara jawa. Kondisi barang utuh, sudah dilaminating. Ukur: 11cm x 15,5cm

SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar