Jam Weker "Peter"

Model “Peter Repeat Alarm” adalah jam weker mekanik, buatan akhir tahun 1960an dengan dial jam warna hitam, angka berfosfor yang bersinar dikegelapan.
Fitur yang special adalah “repeat alarm”, alarm jam weker ini bunyi kira-kira delapan kali berturut-turut!

Pabrik jam “Peter-Uhren GmbH” adalah salah satu produsen jam dari Jerman Selatan, daerah Black Forest. Daerah Black Forest dan sekitarnya pernah menjadi pusat pabrik jam segala macam merk dari akhir abad ke-19 sampai tahun 1980an. Diantara pabrik jam besar (Kiezle, Junghans) terdapat puluhan pabrik kecil yang beroperasi disana. Pabrik “Peter Uhren” bediri tahun 1866 di desa Niedereschach, kemudian tahun 1924 dipindah ke kota Rottweil. Pada tahun 1967 bekerja sama dengan JAZ, perusahaan besar dari Perancis. Akhir tahun 1980an Peter Uhren bankrut seperti halnya hampir semua pabrik jam di Black Forest! Seperti dilihat di gambar iklan tahun 1970 Peter Uhren adalah perusahaan cukup besar dengan 800 karyawan.

Bukan hanya memproduksi jam weker saja, tetapi ia juga membuat jam dinding, jam dapur dan macam-macam lain, seperti dilihat di gambar iklan dari tahun 1962!

Detail bagian bawah

Walaupun umur barang sudah lebih dari 40 tahun kondisi masih sempurna, berfungsi normal, baru diservis bulan September 2015 (stiker kuning di bagian belakang tanda servis dari tukang jam).

SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar