Lampu Badai BAT 158

Lampu badai ukuran tanggung asli buatan Jerman Timur oleh VEB MEWA dalam kondisi terpakai tetapi 100 % orisinil.
Di bagian bodi ada beberapa banyak goresan, tanki masih rapat, kenir berfungi normal, sehingga menjadiakannya lampu layak pakai.

Pada salah satu bagian tanki terdapat tulisan timbul “Bat 158” dan gambar kelelawar sebagai tanda tipe lampu, di bagian yang lain terdapat tulisan timbul “Made in GDR” (German Democratic Republic). Perusahaan milik negara yaitu MEWA memproduksi model BAT 158 antara tahun 1950 sampai 1989. Dengan tanda “Made in GDR” kita tahu lampu ini gererasi terakhir, dibikin kira-kira antara tahun 1978 sampai 1989 karena sebelumnya model ini bertanda “Made in Germany” (referensi lucernae.de).

Sebenarnya model BAT 158 adalah model Feuerhand 275, karena patent dan gambar konstruksi diambil dari perusahaan Nier-Feuerhand yang ditinggal oleh keluarga Nier yang melarikan diri ke Jerman Barat setelah PD II. MEWA tidak pernah membuat lampu badai dengan inovasi mereka sendiri, mereka memakai ilmu punya Nier-Feuerhand untuk lampu memproduksinya.

Negara Jerman Timur membangun pabrik lampu milik negara (VEB =Volkseigener Betrieb) bernama “MEWA”. Awalnya perusahaan tersebut yang mau memakai merk “Feuerhand” juga, tetapi tahun 1949 ada persetujuan antara “Nier” dan “MEWA”. Pabrik lampu yang di bangun oleh “Nier” di Jerman Barat memperoleh hak milik merek “Feuerhand”, sementara “MEWA” di Jerman Timur mendapat hak milik merk “BAT”. Sampai akhir PD II merk “BAT” milik perusahaan Hugo Schneider AG (HASAG), yang berhenti memproduksi lampu saat PD II selesai.

Detail kaca/globe.

Detail bagian bawah.

Tecnical Data:

Tinggi 25 cm; Diameter tanki 11,3 cm; Volume tanki 0,2 liter; Menyala maksimal sampai14 jam; Masa pembuatan 1950 - 1989

SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar